Nahdliyin pewaris sah republik ini


nuindonesiaJakarta, NUBatik Online
Warga NU diharapkan tidak berkecil hati jika ada kelompok yang merasa lebih berjasa kepada bangsa. Sebab, faktanya, para pendahulu Nahdliyin adalah para pejuang yang dengan segenap jiwa raga mengusir penjajah.

“Kita harus mengingat bahwa tidak akan ada peringatan Hari Pahlawan tanpa adanya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Nahdlatul Ulama pada 20 Oktober 1945 dulu. Dan karena itu pula, warga Nahdliyin adalah pewaris sah Republik ini,” kata tokoh NU, Choirul Anam, di Jakarta, kemarin.

Cak Anam, begitu sapaan akrabnya, mengatakan, pernyataan yang diungkapkan untuk menanggapi penerbitan buku Biografi KH Zainul Arifin ini merupakan pernyataan yang sebenarnya. Dalam pandangan Cak Anam, tentu semua orang mengerti bahwa penghalang penjajahan yang sesungguhnya terhadap bangsa ini adalah adalah kelompok santri.

“Bahkan Jenderal Dziyaul Haq pun mengakui hal itu. Jadi, tidak benar jika ada anggapan bahwa para ulama pejuang waktu itu hanya bisa berdoa saja. Nah KH Zainul Arifin merupakan salah satu bukti bahwa keberadaan laskar-laskar santri merupakan sesuatu yang sangat diperhitungkan waktu itu,” tandas Cak Anam.

Lebih lanjut, Cak anam berharap, penerbitan buku Biografi KH Zainul Arifin dapat memberikan penggambaran yang jelas dari salah satu fragmen perjuangan para ulama NU terdahulu kepada bangsa Indonesia saat ini.

“Tentu kita berharap, perjuangan KH Zainul Arifin bukan hanya untuk dikenang, melainkan juga diteladani. Dan, yang terpenting adalah untuk memompakan kembali semangat kemandirian dan nasionalisme bangsa ini yang sudah mulai terkikis,” tandasnya. (duta/bim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s