Do’a Awal Tahun


Kini kita telah berada di penghujung tahun 1430 H, dan tak lama lagi ia akan meninggalkan kita. Mari kita melakukan muhasabah tentang apa yang telah dilakukan atau belum dilakukan sepanjang tahun yang sudah dijalani, menyambut Tahun Baru Hijriyyah dengan kegiatan2 yg mendekatkan diri kepada-Nya misal dengan memperbanyak do’a dan berdzikir.

Berikut do’a-do’anya: (sebaiknya dibaca bersama-sama di rumah, dimasjid, di mushola atau di mana saja ditempat yg baik. namun bila tak memungkinkan, maka tidak ada halangan untuk membacanya seorang diri.

DO’A AKHIR TAHUN
————————
BISMILLAHIROHMANNIRROHIM
WASHOLLOHU ALLA SAYIDINA MUHAMADDIN WAALA AHLIHI WA SYOHBIHI WA SALLAM. ALLAHUMA MA AMILTU FIHADIHIS SANATI MIMMA NAHAITANI ANHU. FALAM ATUB MINHU WALAM TARDHOHU WALAM TANSAHU WAHALAMTA ALA BA`DA QUDROTIKA ALLA UKUWBATI ILLA TAUBATI MINHU BA`DA JURATI ALLA MAKSIATIKA FA INNA ASTARGFIRUKHA FAG FIRLI WAMMA AMILTU FIMMA MIMMA TARDHOHU WAWAADTANI ALLAIHI SAWABA FAAS ALLUKA ALLOHUMA YA KHARIYMU YA DZALDZALALI WAL IKHROMI. ANTATAQOBALLAHU MINA THATHO ROJANNI MINKA YAKHARIMMU WA SHOLLAHU ALLA SAYIDINA MUHAMMADIN NABIYA UMMA WA ALLA AHLIHI WA SHOBIHI WA SALLAM.

Arthosipun inggih meniko:
Allah SWT bersalawat ke atas penghulu kami Muhammad SAW, ahli keluarga dan sahabat-sahabat baginda dan kesejahteraan ke atas mereka. Wahai Tuhan, apa yang telah aku lakukan dalam tahun ini daripada perkara-perkara yang Engkau tegah daripada aku melakukannya dan aku belum bertaubat daripadanya. Sedangkan Engkau tidak ridha dan tidak melupakannya. Dan aku telah melakukannya di dalam keadaan di mana Engkau berupaya untuk menghukumku, tetapi Engkau mengilhamkanku dengan taubat selepas keberanianku melakukan dosa-dosa itu semuanya. Sesungguhnya aku memohon keampunanMu, maka ampunilah aku. Dan tidaklah aku melakukan yang demikian daripada apa yang Engkau ridhainya dan Engkau menjanjikanku dengan pahala atas yang sedemikian itu. Maka aku memohon kepadaMu. Wahai Tuhan! Wahai yang Maha Pemurah! Wahai Yang Maha Agung dan wahai Yang Maha Mulia agar Engkau menerima taubat itu dariku dan janganlah Engkau mengabaikan harapanku kepadaMu Wahai Yang Maha Pemurah. Dan Allah bersalawat ke atas penghulu kami Muhammad, ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan mengkharuniakan kesejahteraan ke atas mereka”

Do’a akhir tahun ini dibaca antara setelah shalat ashar sampai sebelum Maghrib di hari terakhir Dzulhijjah.

Barangsiapa yang membaca doa awal tahun ini, insya Allah dirinya akan terpelihara daripada gangguan dan godaan syaitan di sepanjang tahun tersebut.

DO’A AWAL TAHUN
————————-
BISMILLAHIROHMANNIRROHIM
WASHOLLOHU ALLA SAYIDINA MUHAMADDIN WAALA AHLIHI WA SYOHBIHI WA SALLAM. ALLAHUMA ANTA ABADIUL KHODIMU AWALLU.WA ALLA FADLIKAL ADHIMI WUJUDIKAL MUAWALI WAHADAAMU JADIDU KOD AKHBALA ILAINA NASAALUKAL MISMATA.FIHIMINASYAITONI WAAULIYAIHI WAJUNUDIHI WAL AUNA ALAHADIHINAFSILAMAROTI BISUUI WAISTIGHOLLU BIMA YUKHORONUMI ILLAIKA JULFA YA DZALDZALALI WAL IKHROMI.YAA ARHAMAR ROHIMINNA WA SHOLLAHU ALLA SAYIDINA MUHAMMADIN NABIYA UMMA WA ALLA AHLIHI WA SHOBIHI WA SALLAM.

Arthosipun:
“ Allah SWT bersalawat ke atas penghulu kami Muhammad SAW, ahli keluarga dan sahabat-sahabat baginda dan kesejahteraan ke atas mereka. Wahai Tuhan, Engkaulah yang kekal abadi, yang qadim. yang awal dan ke atas kelebihanMu yang besar dan kemurahanMu yang melimpah dan ini adalah tahun baru yang telah muncul di hadapan kami. Kami memohon pemeliharaan dariMu di sepanjang tahun ini dari syaitan dan pembantu-pembantunya dan tentara-tentaranya dan juga pertolongan terhadap diri yang diperintahkan melakukan kejahatan dan usaha yang mendekatkanku kepadaMu Wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia. Wahai Tuhan Yang Maha pengasih dari mereka yang mengasihi dan Allah bersalawat ke atas penghulu kami Muhammad. Nabi yang ummi dan ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan kesejahteraan ke atas mereka.”

Do’a awal tahun ini dibaca setelah maghrib di malam pertama bulan Muharram dan sebaiknya dibaca tiga kali.

mengenai doa tsb memang bukan dari hadits, siapa pula yg mengatakannya hadits?, doa do’a itu adalah diajarkan oleh para ulama kita, dan boleh boleh saja berdoa kapanpun, apalagi doa kebaikan agar dilimpahi keberkahan sepanjang tahun dan minta diampuni dari doa setahun yg lalu, maka hal ini boleh boleh saja karena doa adalah hal yg boleh kapan saja, dan melarangnya adalah perbuatan mungkar dan batil.

sunnah membelanjakan hadiah untuk istri dan keluarga di hari asyura, dan para sahabat menjadikan puasa untuk anak2 mereka yg masih bocah pula, diriwayatkan dalam beberapa hadits pada shahih muslim bahwa shabata mengumpulkan anak anak bocah mereka di masjid dan membuatkan mainan mainan untuk mereka, bila mereka menangis karena lapar maka mainan itu diberikan pada mereka untuk melupakan lapar dan hausnya. (shahih Muslim).

BERPUASA:
————–
puasa yg afdholnya adalah pada 9-10 Muharram.

“Asyura adalah hari raya nabi sebelum kalian, maka berpuasalah kalian semua pada hari itu.” (Hadits hasan yang diriwayatkan oleh Al-Bazzar dari Abu Hurairah)

Disunahkan pula puasa pada hari Tasu’a , yaitu tanggal 9 Muharram.
Dalam hadits disebutkan: “Seandainya aku masih hidup sampai tahun depan, aku akan berpuasa pada hari Tasu’a” itu agar kaum muslim berbeda dengan orang Yahudi, karena org2 Yahudi pun berpuasa pada hari Asyura.

Dalam hadits yg diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim disebutkan ketika sampai di Madinah , nabi mendapati orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura, karena Allah telah menyelamatkan Nabi Musa pada hari itu. Nabi lalu bersabda: “Aku lebih berhak terhadap Nabi Musa”

Dijelaskan oleh Al Hafidh Ibn Hajar bahwa Ummulmukminin Hafshah ra dari Rasulullah saw yg bersabda : “Barangsiapa yg berpuasa hari terakhir di bulan dzulhijjah dan hari pertama dari muharram maka Allah jadikan baginya penghapusan dosa 50 tahun, dan puasa sehari di bulan muharram, sama dengan puasa 30 hari.

Sabda Rasul saw : “sebaik baik puasa setelah ramadhan adalah puasa di bulan Muharram” (shahih Ibn Hibban hadits no.3636)

Sabda Rasulullah saw : “puasa hari asyura menghapus dosa setahun yg sebelumnya” Shahih Muslim hadits no.1162)

Kapankah hari asyura itu? Rasulullah SAW bersabda “Asyura adalah hari tanggal sepuluh”. demikian hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ad Daraquthni dari Abu Hurairah.

Apa sebabnya hari Asyura itu dianggap mulia?
dalam kitab at-Tuhfah al-Mardhiyyah disebutkan “Dinamakan Asyura sebab pada hari itu Allah memuliakan (yakni dengan memberikan kemenangan atau keselamatan dari bencana) kepada sejumlah nabi.

(wallahu a’lam bisshowab.)

saking :Luqman Firmansyah anggota KTB 2

5 thoughts on “Do’a Awal Tahun

  1. Ping-balik: Tahun Baru Luarrr Biasa « Bedjobanged's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s