SEANDAINYA INDONESIA DIPAGARI



Ditulis oleh : Heru Yuwono

Seorang Gurubesar di Jepang suatu hari pernah menasehati salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S3 untuk meraih gelar PhD di negeri itu. Sang Gurubesar itu kira-kira bilang begini :”Setelah Anda menyelesaikan studi di kampus saya ini dan meraih gelar PhD, maka ketika kembali lagi ke Indonesia, ingat-ingatlah pesan saya ini. Jadilah warga bangsa yang pemberani, jangan jadi orang-orang pengecut bermental budak seperti pada umumnya pemimpin-pemimpin bangsa Anda. Indonesia itu tidak kekurangan apapun, kecuali satu saja, yaitu pemimpin-pemimpin Anda yang bermental budak itu. Mereka mau saja diatur dan dicokok hidungnya oleh Amerika, Jepang dan negara-negara maju lainnya. Percayalah, jangan kuatir dan takut untuk memperjuangkan bangsa Anda menjadi bangsa yang mandiri, tak akan ada satu pun negara di dunia ini yang berani memboikot Indonesia…”.

Bayangkan, orang Jepang saja sangat menyesali mentalitas para pemimpin Indonesia yang sangat mudah menurut dikendalikan oleh bangsa-bangsa lain, terutama oleh Amerika Serikat dan para kroninya.

Sungguh, Allah swt telah memberi anugerah kekayaan alam yang tiada tara bagi bangsa kita, bangsa Indonesia. Untuk sekedar memenuhi kebutuhan pangan bagi para penduduknya, wilayah Indonesia memiliki potensi yang lebih dari cukup. Sumber-sumber karbohidrat, seperti beras, jagung, bermacam-macam ubi-ubian, sukun, gembili, pisang dan lain-lain sangat mudah hidup dan tersedia di Indonesia. Indonesia memiliki lautan yang tidak saja menyimpan sumber-sumber protein, tetapi juga berbagai keperluan untuk kehidupan manusia. Belum di darat, betapa banyak ragam ternak yang bisa dibudidayakan di Indonesia.

Sumber-sumber energi di Indonesia juga tak bisa dipandang remeh, baik energi konvensional tak terbarukan, maupun energi terbarukan.

Belum lagi bicara sumber serat pangan dari tanaman hortikultura. Buatlah daftar nama buah-buahan dan sayuran yang tumbuh dan berbuah di Indonesia, maka segera kita akan sangat takjub atas kemurahan Allah swt memberi anugerah kepada bangsa Indonesia.

Masih banyak potensi alam lainnya dan potensi sumberdaya manusia Indonesia yang belum digali dan dikelola secara optimal.

Maka, walaupun sekeliling wilayah Indonesia dipagari sedemikian rupa, sehingga tak ada yang bisa masuk dan keluar ke dan dari wilayah Indonesia, insya Allah bangsa kita akan tetap eksis. Percayalah !

Sekarang tergantung kita bersedia atau tidak mengubah “mindset” mental dan pikiran kita untuk memiliki keberanian mengubah keadaan kita yang masih terjajah ini. Tak ada yang akan menolong bangsa kita, kecuali kita sendiri.*****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s